Tugas 1 : Semiotika pada Objek yang Ada di Sekitar Kita

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai bagaimana kabarnya hari ini? Tentu sehat ya !

Sebelum saya memberitau atau membahas tentang benda ini yaitu " Binder " yang akan menjadi objek dari sebuah kajian saya dari mata kuliah Kajian Seni Rupa dan Desain, alangkah baiknya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu.
Halo semuanya ! Perkenalkan nama saya Nabila Aulia Putri dengan NPM 202146500823, saya merupakan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual atau bisa di sebut juga dengan DKV dari Universitas Indraprasta PGRI. Gimana? Udah kenal belum? yang pasti udah yaa hehehe.

Oke, kalo gitu mari kita mulai membahas tentang benda tersebut yang sempat ramai dari zaman dulu hingga sekarang. 


Ya, benda di atas adalah sebuah " binder " berwarna hijau tosca warna kesukaan saya waktu itu. Binder ini saya beli pada tahun 2015 saat saya masih SMP. binder berwarna hijau tosca ini sangat berguna sampai sekarang, saya masih suka menggunakan benda tersebut untuk mencatat materi yang di berikan oleh guru ataupun dosen. binder tersebut saya beli menggunakan uang tabungan saya sendiri yang saya dapatkan dari uang jajan saya saat itu. binder ini memiliki banyak kenangan salah satunya yaitu binder ini sempat menjadi tempat untuk menaruh surat surat yang sempat di kasih oleh adik kelas saat melaksanakan kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) . 

Binder ini memiliki banyak kenangan atau cerita dari sedih maupun senang saat menuntut ilmu yang sedikit susah untuk di lupakan. tetapi, binder ini sempat tidak di gunakan karena binder tersebut sempat hilang. setelah lama hilang akhirnya binder berwarna hijau tosca tersebut saya temukan kembali, terdapat di sebuah tumpukan buku buku yang sudah lama tidak terpakai. Nah, akhirnya binder tersebut  sempat saya gunakan lagi waktu SMA untuk mecatat tentang materi ekstrakulikuler saya yaitu marching band. saat saya mengikuti ekskul di sekolah saya selalu membawa binder tersebut karena binder tersebut penting bagi saya untuk mencatat note lagu ataupun ketukan gerakan yang di berikan oleh pelatih. maka dari itu, binder tersebut sampai sekarang memiliki peran penting bagi saya karena binder tersebut terdapat beberapa catatan catatan penting.

Dari cerita saya di atas adalah salah satu contoh 
dari semiotika, semiotika itu apasih? semiotika adalah metode analisis yang mengkaji tanda - tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terdapat pada objek tersebut. semiotika menurut berger memiliki dua tokoh, yakni Ferdinand De Saussure dan Charles Sander Peirce. kedua tokoh tersebut mengembangkan ilmu semiotika secara terpisah dan tidak mengenal satu sama lain.

 Sudah selesai juga penjelasan saya tentang binder hijau tosca kesukaan saya. Terimakasih ya! sudah membaca blog yang saya buat ini.

sekian dari saya..

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Literatur Review 20 Jurnal

Mitos Dan Pengalaman Estetis Dari Lagu

Objek 3 : Literature Review Pada Objek Desain